Jumat, 05 Oktober 2012

EKSKRESI



A.FUNGSI DAN BAGIAN-BAGIAN GINJAL
          Ginjalmerupakan alat pengeluaran sisa metabolism dalam bentuk air seni(urin).Fungsi ginjal adalah untuk menyaring zat-zat sisa yang terkandung dalam darah seperti sisa hasil metabolisme,hasil pembongkaran sel darah,sel-sel tubuh yang rusak,dan sisa obat-obatan yang tidak berguna bagi tubuh.Sisa metabolism tersebut perlu dikeluarkan dari tubuh karena bersifat racun dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.
          Sebelum masuk keginjal,darah akan melewati kulit ginjal(kortex).Didalam kortex terdapat jutaan nefron yang berfungsi sebagai tempat pembuatan urin.

Nefron terdiri dari dua bagian yaitu badan Malpighi dan tubulus.Didalam nefron terjadi prosespenyaringan darah dan akhirnya dikeluarkan dalam bentuk urin.Badan malpighi terdiri dari Glomerulus dan Kapsul Bowman.Sedangkan di tubulus terdiri dari Tubulu Kontortos Proksimal,Tubulus Kontortus Distal,Lengkung Henle,dan Tulus Kolektivus.
B.PROSES PEMBUATAN URIN DALAM GINJAL
          Pertama-tama darah masuk keginjal dibawa oleh pembuluh arteri ginjal(arteri renalis).Bagian ginjal yang pertama kali di masuki darah adalah kortex ginjal.Didalam kortex inilah terjadi proses pembuatan urin.Proses pembuatan urin ini terbagi menjadi tiga,yaitu:
a.Darah mesuk ke glomerulus dan juga kapsul bowman.Didalam badan Malpighi ini lah terjadi proses penyaringan (filtrasi).Hasil saringan (filtrat) dari glomerulus dan kapsul bowman disebut filtrat glomerulus atau urin primer.Dalam urin primer masih terdapat air,glukosa,asam amino,dan garam mineral.
b.Setelah terbentuk urin primer,lalu menuju ke tubulus kontortus proksimal.Didalam tubulus kontortus proksimal tersebut terjadi peroses reabsorpsi (penyerapan kembali).Dimana zat-zat yang masih berguna bagi tubuh dimasukkan kembali kedalam pembuluh darah yang terdapat disekitar tubulus.Hasil reabsorpsi berupa filtrat tubulus atau  urin sekunder.
c.Di tubulus kontortus distal,terjadi proses augmentasi dimana zat sisa seperti asam urat,ion hidrogen,ammonia,kreatinin,dan beberapa obat ditambahkan kedalam urin sekunder.Urin sekunder yang telah ditambahkan dengan berbagai zat tersebut disebut urin.
          Setelah urin sebenarnya terbentuk,maka akan dialirkan melewati tubulus kolektivus.Apabila telah keluar dari ginjal,lalu masuk ke ureter,apabila didalam kantung kemih sudah terisi penuh,maka akan dikeluarkan melalui uretra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar